RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Keterampilan Las
Kelas : X (sepuluh)
Materi : Las Busur Manual
Waktu : 12 x 45 menit
Semester : Gasal Tahun : 2007-2008
· Standar Kompetensi :
Siswa sanggup menerapkan teknik pengelasan busur manual melalui pengamatan dan proses latihan secara intensif.
· Indikator :
1. Menjelaskan pengertian las busur manual.
2. Mengidentifikasi peralatan las busur manual dengan benar.
3. Menjelaskan fungsi peralatan las busur manual dengan benar.
4. Mengidentifikasi bagian-bagian elektrode las dengan benar.
5. Menjelaskan fungsi bagian-bagian elektrode las dengan benar.
6. Menguraikan simbol elektrode dengan benar.
7. Menerapkan mekanisme pengelasan busur manual dengan benar.
8. Mengidentifikasi macam-macam sambungan dan kampuh las.
9. Menggambarkan bentuk-bentuk sambungan dan kampuh las.
10. Menerapkan teknik persiapan pengelasan busur manual.
· Kompetensi Dasar
1. Siswa sanggup menjelaskan pengertian las busur manual dengan benar.
2. Siswa sanggup mengidentifikasi peralatan las busur manual dengan benar.
3. Siswa sanggup menjelaskan fungsi peralatan las busur manual dengan benar.
4. Siswa sanggup mengidentifikasi bagian-bagian elektrode las dengan benar.
5. Siswa sanggup menjelaskan fungsi bagian-bagian elektrode las dengan benar.
6. Siswa sanggup menguraikan simbol elektrode dengan benar.
7. Siswa sanggup menerapkan mekanisme pengelasan busur manual dengan benar.
8. Siswa sanggup mengidentifikasi macam-macam sambungan dan kampuh las.
9. Siswa sanggup menggambarkan bentuk-bentuk sambungan dan kampuh las.
10. Siswa sanggup menerapkan teknik persiapan pengelasan busur manual.
· Ringkasan Materi :
1. Peralatan las busur manual
a. Pengertian las busur manual.
b. Busur las
c. Peralatan utama las busur manual
d. Peralatan bantu las busur manual
2. Elektrode dan mekanisme pengelasan
a. Elektrode dan bagian-bagiannya
b. Fungsi elektrode
c. Ukuran elektrode
d. Simbol elektrode
e. Pemilihan elektrode
f. Pengaturan arus
g. Prosedur pengelasan
3. Persiapan las
a. Benruk-bentuk sambungan dan bentuk kampuh las
b. Teknik pembuatan persiapan las
c. Posisi pengelasan
· Media Pembelajaran :
1. Buku las busur manual
2. Peralatan utama las busur manual
3. Peralatan bantu las busur manual
4. Elektrode
· Metode / Strategi Pembelajaran :
1. Tanya Jawab
2. Demonstrasi
3. Penugasan
· Skenario Pembelajaran :
Uraian Materi | Alokasi Waktu |
Siswa dan guru telah membawa buku Las Busur Listrik (MAW). Guru membuka pelajaran dengan salam. Berdo’a dilanjutkan tanya jawab(apersepsi) ihwal problem konstruksi las, bagaimana membuat. konstruksi ? | Menit ke 0 – 10 |
Pengertian las busur manual dan busur las listrik | Menit ke 11 – 20 |
Peralatan utama las busur manual mendekat pada peralatan las, menjelaskan pengertian dan fungsinya | Menit ke 21 – 50 |
Peralatan bantu dan keselamatan kerja las busur manual, mendekat pada peralatan las, menjelaskan pengertian dan fungsinya | Menit ke 51 – 100 |
Identifikasi bagian, fungsi bab dan keseluruhan elektrode | Menit ke 101 – 145 |
Pemilihan elektrode dan pengaturan arus pada las busur manual | Menit ke 146 – 160 |
Prosedur pengelasan awal | Menit ke 161 – 200 |
Teknik dasar pengelasan yg mencakup penyalaan, titik awal busur, kecepatan pengelasan, mematikan busur dan menyambung rigi-rigi las disertai demontrasi penerapannya. Kemudian siswa mengikuti satu per satu latihan mekanisme pengelasan dengan cermat | Menit ke 201 – 450 |
Evaluasi hasil latihan mekanisme pengelasan | Menit ke 451 – 470 |
Bentuk-bentuk sambungan dan kampuh las disertai pola benda hasil las | Menit ke 471 – 500 |
Posisi pengelasan pada pelat dan pipa | Menit ke 501 – 515 |
Post test | Menit ke 516 – 540 |
· Jenis Tagihan : Ulangan harian
· Bentuk Instrumen : Uraian singkat
· Instrumen :
1. Sebutkan peralatan utama las busur manual dan peralatan bantu las busur manual serta fungsinya.
2. Gambarkan bagian-bagian elektrode.
3. Sebutkan fungsi salutan dalam elektrode.
4. Bagaimanakah cara pengaturan arus dalam las busur manual?