Pengerjaan tune up harus berurutan, Tujuannya semoga tidak terjadi pengulangan pekerjaan lantaran servis komponen tertentu kuat terhadap komponen lain.
Urutan-urutannya yakni sbg berikut Hehehe....:
1. Saringan udara ( air filter)
Saringan udara terlebih dahulu harus diservis dibandingkan dengan komponen yg lain, lantaran saringan udara merupakan komponen mesin yg sangat kuat terhadap komponen lain yg bila diservis belakangan
2. Platina
platina perlu disetel dulu sebelum menyetel ketika pengapian
3. Kabel Busi
sehabis menyetel platina, tutup biro tidak perlu segera dipasang. periksa kondisi tutup biro beserta kabel-kabelnya.
4. Tutup Distributor
5. Accu
cek tinggi air accu, bersihkan kutub-kutub accu dari jamur dan karat, tidak lupa berat jenis air accu dan kondisi tegangannya
6. Busi
Pada tahap ini sebaikkan sekaligus mengecek tekanan kompresi
terlebih dahulu.baru lalu busi, lantaran pada tahap pengecekan tekanan kompresi sebaiknya busi dilepas semuanya, hal ini bertujuan semoga kerja dinamo stater dan accu tidak berat lantaran harus berkali-kali dinyalakan.elektroda busi dibersihkan dengan amplas (bersihkan dari kerak) 7. Menyetel Celah Katub
pada sat penyetelan katup, sebaiknya busi jangan dipasang terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan semoga mesin lebih ringan diputar ketika mencari posisi top kompresi masing-masing silinder.
8. Saat Pengapian
9. Idel
Penyetelan idel merupakan penyetelan pali simpulan dalam tune up.sebab hasil penyetelan idel tidak akan kuat terhadap ketika pengapian, celah katub, kompresi, dan pendinginan. Tapi sebaliknya, idel sangat dipengaruhi oleh banyak sekali komponen mesin.
10. Tali kipas
Nah mumpung masih belepotan tangan kita dari oli, atau mungkin bensin sebaiknya kita juga cek sekalian tali kipas, kekencangan tali kipas juga sangat kuat terhadap pendinginan dan putaran alternator.
11. Menghidupkan Mesin sehabis Tune Up
Setelah tune up selesai pastikan seluruh komponen mesin sudah terpasang di tempatnya dengan sempurna dan benar. klo gak ya...pastinya bahaya.....cobak klo kabel businya belum menancap, trus malah menancap disekitar slang bensin, atau kanal bensin, wah-wah...bisa habis tu kendaraan beroda empat beserta orang dan rumahnya...hehe.... :) . bila semua sudah terpasang dengan benar, hidupkan mesin pada putaran stasioner beberapa menit dan dengarkan suara mesin, perhatikan getaran dan asap kenalpot. Jika semua normal naikkan perlahan putaran mesin sambil perhatikan suara mesin, getaran, dan asap kenalpotnya. Jika sudah yakin tidak ada gangguan atau ketidak normalan pada mesin, berarti tune up telah selesai