Ada empat langkah utama dalam pencetakan lembar kerja Microsoft Excel sbg berikut:
Pemilihan Area Pencetakan.
Spesifikasi area percetakan
Untuk spesifikasi area percetakan, diharapkan langkah-langkah sbg berikut:
1. Tampilkan sajian Page Layout
2. Pilih Page Setup, menyerupai gambar berikut.
3. Klik sheet
4. Geser pointer ke kotak Print Area, lalu klik
5. Ketik spesifikasi area percetakan
Misalnya B2:AC56 menyerupai gambar di bawah. Setelah itu klik OK atau tekan ENTER untuk menutup kotak dialog.
Pemilihan header Tetap
Jika ada header yg konsisten atau tetap di setiap lembar percetakan( menyerupai judul Laporan atau Heading), Anda sanggup meminta Excel untuk mencetak secara otomatis dengan memakai perintah Page Setup dengan langkah-langkah menyerupai di atas:1. Pilih sajian Page Layout
2. Pilih Page Setup
3. Klik Sheet
4. Bedanya hanyalah menggeser pointer ke kotak Rows to Repeat at Top, klik.
5. Ketik spesifikasi area percetakan judul, misal A1:AC1, lalu klik OK atau tekan ENTER.
Modifikasi Setting Percetakan
Layout dan Fungsinya
Layout | Fungsi |
Orientation | Menghasilkan Cetekan dalam bentuk tidur (Landscape) atau bangkit (Potrait) |
Margins | Menspesifikasi jumlah spasi dan area percetakan lembar kerja |
Header / Footer | Informasi yg dimuat dalam kotak ini akan tampil sbg Header atau Footer disetiap halaman Printout |
Center of Page | Menentukan apakah dokumen di tengah pada arah vertikal atau horisontal dalam halaman. |
Gridlines | Menentukan garis Jaring-jaring sel dicetak atau tidak. |
Row and Column Headings | Menentukan apakah heading Baris dan kolom dicetak. |
Pada umumnya, pilihan Rows and Column Heading dan Gridlines dinonaktifkan, supaya cetekan dokumen lebih higienis dan profesional.
Spesifikasi setting layout
Untuk Spesifikasi setting layout halaman, laksanakan langkah-langkah berikut:1. Pilih Menu Page Layout
2. Pilih Page Layout
3. Klik salah satu button pilihan proses.
4. Setelah kotak obrolan tampil, aktifkanlah pilihan yan Anda inginkan.
5. Klik OK atau tekan ENTER.
Penaygan Printout
Misalnya Anda akan mencetak dokumen berikut:
Langkah-langkah penaygan printlayout
Adapun langkah-langkah yg Anda lsayakan sbg berikut:1. Pilih Page Layout
2. Pilih Page Setup
3. Jika kotak obrolan sudah muncul, pilih button Print Preview menyerupai tampak pada gambar di bawah'
Setelah itu, akan muncul tampilan menyerupai di bawah ini dan Anda sanggup meninjau dukumen yg anda akan cetak.
Pada ketika Anda berada dalam halaman menyerupai di atas, Anda sanggup berahli ke halaman yg lain dengan tombol next atau Previous. Selain itu Anda juga sanggup memperbesar dokumen dengan memakai Zoom.
Untuk menampilkan margin halaman gunakan tombol Margin. Ubah setup halaman Anda dengan tombol Page Setup
Pencetakan Lembar Kerja.
Setelah Anda melsayakan setup halaman dan meninjau tampilan halaman cetakan, Anda sanggup melsayakan pencetakan dokumen. Pencetakan sanggup dilsayakan dari halaman preview atu pun sanggup dilsayakan dengan perintah File Print.Langkah-langkah Pencetakan Lembar Kerja
Adapun langkah-langkahnya sbg berikut: 1. Pilih Page Layout.
2. Pilih Page Setup
3. Setelah kotak obrolan muncul, Klik perintah Print.
Anda juga sanggup eksklusif menentukan C+P.
4. Jika kotak obrolan Print muncul, aktifkan yg di inginkan lalu pilih OK.
Pastikan semua serpihan lembar kerja yg akan dicetak telah dipilih adalah menentukan setiap sel lembar kerja yg akan di cetak.
Demikianlah sedikitnya mengenai cara pencetakan lembar kerja excel yg sanggup aku bagikan.Semoga bermanfaat. Syalom.