Cara Pencetakan Lembar Kerja Excel (For Windows)

Kali ini aku akan membagikan sedidikit pengetahuan aku mengenai cara melsayakan pencetakan lembar kerja Excel.
Ada empat langkah utama dalam pencetakan lembar kerja Microsoft Excel sbg berikut:

Pemilihan Area Pencetakan.

Pada umumnya, kalau lembar kerja yg akan dicetak bentuknya sederhana, kita tidak perlu melsayakan langkah ini, sebab Excel for Windows secara otomatis akan mencetak setiap serpihan kerja yg berisi data atau pun objek grafik. Namun kalau lembar kerja Anda terdiri dari multi halaman, maka Anda sanggup mengostumisasi area percetakan.

Spesifikasi area percetakan

Untuk spesifikasi area percetakan, diharapkan langkah-langkah sbg berikut:

1. Tampilkan sajian Page Layout



2. Pilih Page Setup, menyerupai gambar berikut.




3. Klik sheet




4. Geser pointer ke kotak Print Area, lalu klik




5. Ketik spesifikasi area percetakan


Misalnya B2:AC56 menyerupai gambar di bawah. Setelah itu klik OK atau tekan ENTER untuk menutup kotak dialog.

Pemilihan header Tetap

Jika ada header yg konsisten atau tetap di setiap lembar percetakan( menyerupai judul Laporan atau Heading), Anda sanggup meminta Excel untuk mencetak secara otomatis dengan memakai perintah Page Setup dengan langkah-langkah menyerupai di atas:
1. Pilih sajian Page Layout
2. Pilih Page Setup
3. Klik Sheet
4. Bedanya hanyalah menggeser pointer ke kotak Rows to Repeat at Top, klik.

5. Ketik spesifikasi area percetakan judul, misal A1:AC1, lalu klik OK atau tekan ENTER.


Modifikasi Setting Percetakan

Sebelum mencetak, tentukan dulu layout halaman percetakan sehinggan nantinya hasil percetakan sesuai dengan harapan kita. Semua pilihan Layout halaman berikut, diakses dengan perintah Page Layout:

Layout dan Fungsinya



Layout Fungsi
Orientation Menghasilkan Cetekan dalam bentuk tidur (Landscape) atau bangkit (Potrait)
Margins Menspesifikasi jumlah spasi dan area percetakan lembar kerja
Header / Footer Informasi yg dimuat dalam kotak ini akan tampil sbg Header atau Footer disetiap halaman Printout
Center of Page Menentukan apakah dokumen di tengah pada arah vertikal atau horisontal dalam halaman.
Gridlines Menentukan garis Jaring-jaring sel dicetak atau tidak.
Row and Column Headings Menentukan apakah heading Baris dan kolom dicetak.

Pada umumnya, pilihan Rows and Column Heading dan Gridlines dinonaktifkan, supaya cetekan dokumen lebih higienis dan profesional.

Spesifikasi  setting layout

Untuk Spesifikasi  setting layout halaman, laksanakan langkah-langkah berikut:
1. Pilih Menu Page Layout
2. Pilih Page Layout
3. Klik salah satu button pilihan proses.
4. Setelah kotak obrolan tampil, aktifkanlah pilihan yan Anda inginkan.
5. Klik OK atau tekan ENTER.


Penaygan Printout

Setelah halaman lengkap, Anda sanggup meninjau tampilan cetakan dokumen dengan perintah File Print Preview. Perintah ini menampilkan WYSIWYG (What You See Is What You Get atau apa yg Anda lihat itulah yg anda peroleh.
Misalnya Anda akan mencetak dokumen berikut:

Langkah-langkah penaygan printlayout

Adapun langkah-langkah yg Anda lsayakan sbg berikut:
1. Pilih Page Layout
2. Pilih Page Setup
3. Jika kotak obrolan sudah muncul, pilih button Print Preview menyerupai tampak pada gambar di bawah'

Setelah itu, akan muncul tampilan menyerupai di bawah ini dan Anda sanggup meninjau dukumen yg anda akan cetak.


Pada ketika Anda berada dalam halaman menyerupai di atas, Anda sanggup berahli ke halaman yg lain dengan tombol next atau Previous. Selain itu Anda juga sanggup memperbesar dokumen dengan memakai Zoom.
Untuk menampilkan margin halaman gunakan tombol Margin. Ubah setup halaman Anda dengan tombol Page Setup



Pencetakan Lembar Kerja.

Setelah Anda melsayakan setup halaman dan meninjau tampilan halaman cetakan, Anda sanggup melsayakan pencetakan dokumen. Pencetakan sanggup dilsayakan dari halaman preview atu pun sanggup dilsayakan dengan perintah File Print.

Langkah-langkah Pencetakan Lembar Kerja

Adapun langkah-langkahnya sbg berikut:
1. Pilih Page Layout.
2. Pilih Page Setup
3. Setelah kotak obrolan muncul, Klik perintah Print.

Anda juga sanggup eksklusif menentukan C+P.
4. Jika kotak obrolan Print muncul, aktifkan yg di inginkan lalu pilih OK.

Pastikan semua serpihan lembar kerja yg akan dicetak telah dipilih adalah menentukan setiap sel lembar kerja yg akan di cetak.
Demikianlah sedikitnya mengenai cara pencetakan lembar kerja excel yg sanggup aku bagikan.Semoga bermanfaat. Syalom.

Subscribe to receive free email updates: